Menerawang Investasi Properti di Tahun Anjing Tanah

MENERAWANG INVESTASI PROPERTI DI TAHUN ANJING TANAH

 

Dikutip dari survei Property Affordability Sentiment Index H1-2018 menunjukkan kepuasan pasar pada semester ini lebih tinggi jika dibandingkan sebelumnya, yakni sebesar 63 persen. Menariknya, kenaikan harga properti justru menjadi faktor utama kepuasan masyarakat terhadap kondisi pasar properti terkini. Sebesar 68 persen dari total responden yang merasa puas dengan harga rumah yang naik dengan stabil.

Menurut Feng Shui Enthusiast , Chichi Bernardus mengatakan bahwa 2018 yang merupakan tahun Anjing Tanah adalah tahun positif. Dengan langkah yang tepat, peruntungan orang-orang akan menjadi lebih baik jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

“Tiga tahun terakhir ini kita lagi¬†cleansing. Memasuki 2018 ini sudah mulai terasa, mulai membaik. Jadi 2018 ini penglihatannya memang sudah lebih baik, sudah lebih positif,” ujarnya.

Optimisme tahun Anjing Tanah ini sejalan hasil survei Property Index, di mana terjadi kenaikan index harga properti sebesar 2,3 persen dari kuartal IV 2016 ke periode yang sama pada 2017. Melihat siklusnya, pada kuartal IV 2018 akan mengalami kenaikan hingga 5 persen dari periode yang sama pada 2017.

“Setelah sempat lesu pada paruh kedua 2016, Rumah.com Property Index menunjukkan pemulihan hanya dalam rentang kurang lebih setahun. Tentu saja, dengan catatan, pemerintah dapat menjaga kondisi ekonomi nasional tetap stabil,” jelas Marine dari situs Rumah.com.

Sebagai informasi, Property Index merupakan hasil analisis dari 400 ribu listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia. Dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Menariknya, meski ada opini yang mengatakan bahwa milenial akan semakin sulit punya rumah karena harga hunian yang terus naik, golongan milenial tetap positif terhadap iklim properti saat ini. Terbukti, 71 persen responden milenial muda (20-29 tahun) dan 65 persen responden milenial tua (30-39 tahun) mengaku puas terhadap iklim properti saat ini.